Bebek Super

Bebek Super

Friday, 18 May 2012

All About Tormax

 

TVS TORMAX

Pada tanggal 15 Mei 2011 di Mercure Ancol perusahaan motor India TVS meluncurkan salah satu produknya di kelas Bebek Super, yaitu Tormax yang merupakan singkatan dari Torque Maximal.



Bebek super ini mengusung mesin bersilinder tunggal 148,75cc (bore x stroke = 59,5 mm x 53,5 mm), SOHC (Single Over Head Camshaft) dengan 3 klep (Dua klep inlet dan satu klep outlet) dan didukung teknologi Turbotune dan perbandingan kompresi yang tinggi, 11,3 : 1.



Tormax betaburan fitur dan inovasi berteknologi modern yang tidak ditemui pada motor-motor bebek pada umumnya. Fitur-fitur yang menjadikan Tormax spesial, antara lain: Panel indikator full digital yang bisa dibilang komplit. TVS menamainya dengan “Racing Digital Meter.” Panel ini dilengkapi dengan speedometer, tachometer dan odometer. Salah satu keunikan panel indikator ini adalah kita bisa mengetahui akselerasi dari 0 -60 km/jam dan topspeed yang ditempuh setiap kali motor dikendarai. Tidak hanya itu, panel ini juga mempunyai indikator yang berfungsi sebagai pengingat untuk memakai helm, indikator suhu mesin, masa servis dan aki.



Fitur lainnya adalah “Dual Tune Muffler” knalpot dengan dual tone, normal dan racing tune yang bisa di switch dengan mengkontrolnya dari tuas yang ditempatkan di panel setang di bawah tuas choke. Jadi kita bisa merubahnya sesuai dengan mood kita. Suara knalpotnya terdengar garing dan begitu tuasnya di-switch ke free flow mode, suara garing langsung berubah menjadi suara ngebas. Jadi jika ingin suara motor ala motor gede, tinggal menggeser tuasnya.



Selain itu lampu utama Tormax juga sudah mengaplikasi Automatic Headlight On, yang otomatis menyala saat mesin dihidupkan. Lampu sein depan dan belakang serta lampu rem juga sudah dilengkapi dengan lampu LED. Sistem pengereman bebek super ini telah menggunakan double disc, cakram depan berdiamater 290 mm dan cakram belakang berdiameter 185 mm. Untuk sistem pendinginan motor ini telah menggunakan Liquid Cool (radiator).




SPESIFIKASI TORMAX :

MESIN:
Jenis mesin
4 stroke, SOHC, liquid cooled Turbo Engine (dual inlet port 3 valve engine)
Jumlah silinder
single
Bore X Stroke
59.5 X 53.5 mm
Isi silinder
148.75 CC
Perbandingan kompresi
11.3:
Power Maksimum
9.7 KW @8000 rpm (13.2 bhp/8000 rpm)
Torsi Maksimum
12.5 Nm/5500 rpm
Sistem starter
electric & kick starter
Karburator
UCAL-VM 22
Radiator Coolant
Total 920 cc, reservoir 250 cc
Kopling
manual, multiplate clutch
Transmisi
5 Speed. N-1-2-3-4-5
Kapasitas Oli Mesin
1000/800 ml
KELISTRIKAN:
Jenis Pengapian
Digitally/DC TCI, single park
Sistem Kelistrikan
12V, AC, Magneto
Tipe Lampu Depan
halogen 30/30 W
Busi
BOSCH UR5DC
Tipe Aki
GM5Z GS battery 12V/5 Ah
DIMENSI BERAT:
Panjang keseluruhan
1955 mm
Lebar keseluruhan
730 mm
Tinggi keseluruhan
1070 mm
Jarak antara as roda
1250 mm
Jarak mesin ke tanah
150 mm
Berat Kosong
111.4 kg
Tinggi Jok
772 mm
CHASSIS:
Rem Depan
disc 290 mm, hydraulic, double cylinder
Rem Belakang
disc 185 mm, hydraulic, single cylinder
Ukuran Ban Depan
70/90 – 17
Ukuran Ban Belakang
80/90 – 17
Suspensi Depan
Telescopic
Suspensi Belakang
Swing arm, Remote canister monoshock absorber
KAPASITAS:
Kapasitas Tanki Bensin
4 Lt





 Untuk membuktikan ketahanan mesin dan performa teknologi baru bebek super ini, PT TVS Motor Company Indonesia menggelar uji ketahanannya di Sirkuit International Sentul pada tanggal 4 sampai tanggal 7 Mei 2011. Bebek super ini digeber selama 70 jam nonstop dan berhasil menempuh jarak 5,800 km atau 1,463 laps. Ini membuktikan bahwa Tormax memang bisa diandalkan. Pembuktian ini malahan bisa membuat TVS meraih rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dalam kategori “Pemrakarsa dan Penyelenggara Ketahanan Mesin Motor Terlama”.



Seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan bebek andalan TVS ini. Sungguh sangat disayangkan posisi mesinnya masih horisontal alias tidak tegak seperti mesin motor sport. Dan juga jaringan after salesnya masih minim. Semoga pihak TVS bisa lebih memperhatikan dan lebih memperluas jaringan after salesnya.



 Dengan kelebihan teknologi yang patut diacungi jempol dan kualitas teruji yang dimiliki oleh motor bebek super ini, membuat Tormax bisa disejajarkan dengan pemain-pemain lama seperti FU, MX dan CS1 yang telah terlebih dahulu meramaikan kelas bebek super. (brave-bikes.blog) 







Sources: TVS Motor, Otomotifnet.

No comments:

Post a Comment